Gresik kota unik



Sudahlah, mau ngelupas habis tentang Gresik gak akan ada habisnya. Bagi mereka yang sudah lama tinggal di Gresik, tentulah mereka mengetahui apa dan bagaimana budaya, tradisi, aneka kuliner dll. Meski Gresik tak seluas Malang, tak segedhe Surabaya, tak secantik Jakarta. Dan memang disetiap kota mempunyai keunikan masing-masing, namun Gresik miliki keunikan tersendiri.
Yuk nyimak,,,

1. Pasar bandeng
Gresik dikenal dengan budayanya yang terus berjalan dari generasi ke generasi, turun temurun. Contoh saja pasar bandeng, merupakan tradisi atau kegiatan masyarakat Gresik untuk menyambut hari raya idul Fitri. Namun yang ikut merayakan bukan hanya dari masyarakat Gresik saja, melainkan juga masyarakat dari kota lain, seperti Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto dan kota sekitarnya.
                                            Pasar bandeng Gresik

2. Memiliki 2 perusahaan besar
Bayangkan kota kecil dengan luas kurang lebih 1,137km² ini memiliki 2 perusahaan besar, PT. Petrokimia Gresik, sebuah perusahaan penghasil pupuk terbesar di Indonesia dan telah dipercaya oleh seluruh petani di iIndonesi. Kemudian, PT. Semen Gresik, yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Makanya pilih pasangan hidup itu sama orang Gresik, semennya aja kokoh tak tertandingi apalagi orangnya.

3. Bonggolan
Nah yang satu ini, beda dengan yang lainnya. Hanya ada di wilayah Pantura, khususnya daerah Panceng - Gresik. Bonggolan dengan bahan sederhana dan tentunya sangat berkualitas. Rasanya gak kalah sama resto-resto di Malang, menggoyang lidah, sekali nyoba pasti tak mau berhenti...
Oh iye ges, kalau misalnya kalian sudah kenyang makan bonggolan, jika kalian mau, bikin aja kerupuk. Hanya dengan potong tipis-tipis, jemur sampai kering, baru digoreng.
Eits,, tapi kalau bonggolan yg sudah digoreng jangan dibuat kerupuk. Yang belum digoreng,, ingat!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Taman sengkaleng dan kuliner

UMM Inn

Mengapa saya memilih jurusan budidaya perairan dan perikanan??